Skip to main content

Belajar Dasar Bermain Gitar Otodidak


Bisa bermain gitar adalah keinginan sebagian orang. Tak bisa dipungkiri benda berbahan kayu dan triplek ini mampu menghasilkan suara yang merdu dengan petikan dawai-dawainya. Bisa bermain gitar juga membuat susana jadi gembira, ketika kumpul bareng keluarga atau teman anda dapat mengiringi lagu bersama-sama yang dapat membuat suasana lebih hidup. Apalagi menurut survey, seorang pria yang dapat bermain gitar ia mempunyai peluang dalam menggaet sang wanita, contoh ini mampu membuat kita lebih bersemangat dalam belajar gitar. Namun bagaimana kalau belum bisa? Haruskah les mahal ke maestro gitar? Kalau punya uang lebih tak masalah, namun untuk yang berkantong pas pasan pasti akan berat baginya. Kali ini saya akan membagiakan tips bermain gitar untuk pemula dengan cara otodidak atau latihan sendiri.


1. PUNYA GITAR
-----> Syarat yang pertama yaitu punya gitar, bagaimana mau latihan kalau benda yang akan kita pelajari tidak ada. Teori harus dibarengi dengan praktek supaya tidak hanya membayangkan saja kalau kata orang jawa ojo mung ngawang-awang. Bagaimana kalau gak punya uang buat beli gitar? Minjem sodara, sodara nggak punya pinjem tetangga, tetangga nggak punya pinjem temen. Selalu ada cara apabila didasari niat yang sungguh-sungguh.


2. BELAJAR KUNCI/CHORD DASAR
-----> Beli buku-buku tentang chord dasar bermain gitar, buku ini sangat mudah ditemukan ditoko buku terdekat. Download aplikasi dasar bermain gitar juga menjadi cara yang amat mudah sekarang ini. Apabila sudah ada pegangan teori tinggal diaplikasikan ke gitar, genjreng/petik dawai gitar dengan ketukan yang pas. Ulang-ulang terus supaya hapal diluar otak dan jari-jemari menjadi gesit dan lemas dalam memencet senar.


  • Contoh Kunci/Chord Dasar

Selain diatas masih banyak chord-chord variasi lagi, silahkan googling sendiri.



3. BELAJAR MENGIRINGI NYANYIAN
-----> Nah ini tips terakhir, yaitu mengiringi nyanyian/lagu. Apabila filling dalam bermain kunci/chord sudah dirasa hapal, anda tinggal langsung mengiringi saja, namun apa bila belum, anda dapat membeli buku lagu beserta chordnya atau browsing di internet. Aplikasikan kunci gitar/chord yang ada dalam buku itu dalam bermain gitar. Ulang-ulang lagu yang ada pelajari. Seiring berjalannya waktu terus pelajari chord gitar atau lagu-lagu yang dirasa sulit untuk menambah kemampuan skill bermain gitar. Nah itulah tips mudah bermain dasar gitar dari saya, semoga membantu.


  • Contoh lagu yang mudah + chordnya

KU TAK BISA - SLANK

Intro : C ...
C                      Em
Pernah berpikir tuk pergi
F                        C          G
dan terlintas tinggalkan kau sendiri
C                   Em
Sempat ingin sudahi sampai di sini
F                C         G
coba lari dari kenyataan tapi ...
         Dm       F  C       G
Ku tak bisa ... jauh 2x dari mu

C              Em
Lalu mau apa lagi
F                   C            G
kalo kita sudah gak saling mengerti
C                     Em
sampai kapan bertahan seperti ini
F                  C       G
dua hati bercampur emosi tapi ...

musik : Am Em Am Em A# Gm B7

Am                Em
Sabar 2x aku coba sabar
Am                       Em
Sadar 2x seharusnya kita sadar
         F                 Fm
Kau dan aku tercipta tak boleh berpisah ... 

Comments

Popular posts from this blog

Kumis, Jenggot Dan Jambang

Memiliki kumis dan jenggot adalah dambakan kebanyakan pria. Pria berkumis dan berjenggot memang identik dengan macho dan maskulin. Bahkan beberapa survey mengatakan 70% wanita lebih memilih pria berkumis dari pada pria yang tidak berkumis. Hal itupun pemicu maraknya produk-produk penumbuh jenggot di media online dan dimana-mana. Walau pria identik dengan kumis dan jenggotnya yang tumbuh dengan sendirinya, tetap saja harus merawatnya dengan baik. Lantas bagaimana merawatnya? Yakni dengan mencukurnya secara berkala, merapikan mana yang perlu dicukur supaya ukuran kepanjangan rambut tetap rapi dan enak dipandang. Kali ini saya akan membagikan beberapa bentuk gaya kumis, jenggot dan jambang yang sudah familiar dimasyarakat. 3 Gaya berkumis yang sering kita lihat : 1. Full Beard (Full Tebal) Gaya yang satu ini yaitu dengan cara memanjangkan volume kumis dan jenggot lebih banyak/panjang. Gaya ini sangat mudah diterapkan pasalnya sangat mudah dipraktekkan. Kita tinggal tunggu vol